Thursday, December 3, 2009

Barcode, QR Code, UPC, RFID, PayPal???


-->
Ø Apa itu Barcode???
Barcode optik adalah mesin pembaca perwakilan data, yang menunjukkan data-data tertentu pada produk tertentu. Awalnya barcode mewakili data dalam lebar (baris) dan spacings garis paralel, dan dapat disebut sebagai linier atau 1D (1 dimensi) barcodes atau simbol. Mereka juga datang dalam pola kotak, titik, segienam, dan lain-lain. Pola-pola geometris dalam gambar disebut 2D (2 dimensi) matriks atau kode atau simbol. Meskipun sistem 2D selain menggunakan simbol bar, mereka umumnya disebut sebagai barcodes juga. Barcode dapat dibaca oleh scanner optik disebut pembaca barcode, atau scan dari gambar denga software khusus.
Beberapa aplikasi modern barcode adalah sebagai berikut :
  1. Penggunaan pertama barcode label adalah gerbong kereta, tapi mereka tidak sukses secara komersial sampai mereka digunakan untuk mengotomatisasi supermarket checkout sistem dan sistem ini telah menjadi universal. Pengunaanya telah menyebar ke banyak peran juga, tiugas-tugas yang umum disebut Auto ID Data Capture (AIDC). Sistem lain telah mencoba untuk membuat tero. Sangat membantu dalam melacak sejumlah besar item dalam sebuah toko dan juga mengurangi kasus mengutil tag harga, meskipun pengutil sekarang dapat mencetak barcode mereka sendiri. Karena adopsi barcode, baik konsumen dan pengecer memperoleh keuntungan dari penghematan yang dihasilkan.
  2. Ritel kartu anggota (sebagian besar toko dan khusus “kotak besar” toko ritel seperti peralatan olahraga, peralatan kantor, atau toko hewan) secara unik menggunakan untuk mengidentifikasi konsumen. Pengecer memperoleh manfaat bisa menyesuaikan pemasaran dan menawarkan pemahaman yang lebih besar kepada individu khususnya pola belanja konsumen. Pembeli biasanya mendapatkan penawaran khusus pada titik penjualan (kupon, produk diskon) atau pemasaran khusus menawarkan melalui alamat atau e-mail yang disediakan pada pendaftaran.
  3. Pada pergantian abad, banyak seniman mulai menggunakan barcode dalam seni (seperti, Scott Blake’s Barcode Yesus).
Ø Apa itu QR code??
QR code adalah kode matriks (2 dimensi barcode) yang dibuat oleh perusahaan Jepang Denso-Wave pada tahun 1994. The “QR” berasal dari “Quick Response”, sebagai pencipta kode dimaksudkan agar isinya dapat diterjemahkan dengan kecepatan tinggi. QR code dikenal umum di jepang, di mana saat ini yang paling populer adalah QR code dari dua dimensi jenis kode. Selain itu, saat ini ponsel di Jepang telah dapat membaca kode ini dengan kamera. Meskipun pada awalnya digunakan untuk pelacakan kendaraan bagian di manufaktur, QR code sekarang digunakan dalam konteks yang lebih luas, termasuk aplikasi komersial dan kemudahan pelacakan aplikasi berorientasi yang ditujukan untuk ponsel pengguna (dikenal sebagai penandaan mobile).
QR code menyimpan alamat dan URL mungkin muncul di majalah, pada tanda-tanda, bus, kartu nama, atau benda pengguna apa saja yang mungkin memerlukan informasi. Pengguna dengan ponsel kamera yang dilengkapi dengan perangkat lunak pembaca yang benar dapat memindai gambar dari QR code menebabkan telepon browser untuk memulai dan mengarahkan ke URL yang telah diprogram. Tindakan ini menghubungkan dari dunia fisik benda-benda yang dikenal sebagai hardlink atau dunia fisik hyperlink. Pengguna juga dapat menghasilkan dan mencetak sendiri QR code dengan mengunjungi salah satu dari beberapa situs yang dapat menghasikan QR code.
Ø Apa itu UPC??

Universal Product Code adalah simbologi barcode (jenis tertentu barcode) yang banyak digunakan di Kanada dan AS untuk melacak barang dagangan di toko-toko. UPC encode 12 angka desimal sebagai LLLLL M S L RRRRR R E, dimana S (start), E (akhir) adalah bit pola 101, M (menengah) adalah pola bit 01.010 (disebut penjaga bar), dan masing-masing L (kiri) serta R (kanan) adalah angka, masing-masing diwakili oleh tujuh bit kode. Ini adalah total 95 bit. Pola bit untuk setiap angka ini, dirancang sesedikit mungkin dari yang lain, dan tidak memiliki lebih dari empat berturut-turut 1s atau 0s. Dan keduanya digunakan untuk kehandalan dalam pemindaian.
Sejak S, M, dan E semua termasuk dua batang dan masing-masing dari 12 digit UPC-A barcode terdiri dari dua bar dan dua ruang, semua UPC-A barcode terdiri dari tepat (3 x 2) + (12 x 2 ) = 30 bar. UPC hanya angka tanpa huruf dan karakter. L digit pertama adalah awalan, R digit terakhir adalah mengoreksi kesalahan check digit yang memungkinkan mendeteksi beberapa kesalahan dalam pemindaian atau entri manual . Struktur data UPC adalah komponen GTINs (Global Trade Item Number). Semua struktur data tersebut telah mengikuti global GS1 standar.

Ø Apa itu RFID??
RFID (Radio Frequency Identification) atau Identifikasi Frekuensi Radio adalah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Label atau kartu RFID adalah sebuah benda yang bisa dipasang atau dimasukkan di dalam sebuah produk, hewan atau bahkan manusia dengan tujuan untuk identifikasi menggunakan gelombang radio. Label RFDI terdiri atas microchip silicon dan antena. Label yang pasif tidak membutuhkan sumber tenaga, sedangkan label yang aktif membutuhkan sumber tenaga untuk dapat berfungsi.
Ø Apa itu PayPal??

PayPal Inc. adalah perusahaan online yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas seperti cek dan money order. PayPal juga menyediakan jasa untuk para pemilik situs e-commerce, pelelangan, dan jenis usaha lain. Markas perusahaan ini terletak di San Jose, Carlifornia, AS.
PayPal Corp. sebenarnya adalah sebuah perusahaan hasil penggabungan antara Confinity dengan X.com yang dilakukan pada tahun 2000. Confinity didirikan pada bulan Desember 1998 oleh Peter Thiel dan Max Levchin dengan tujuan awal sebagai perusahaan perantara pembayaran Palm Pilot dan penyedia layanan kriptografi. Adapun X.com didirikan oleh Musk pada bulan Maret 1999 sebagai penyedia jasa perancangan keuangan. Kantor pusat kedua perusahaan ini mulanya terletak di 165 University Acenue, Palo Alto, Carlifornia, AS.
PayPal Inc.
Tipe divisi : eBay
Berdiri : Palo Alto, Carlifornia, AS (1999)
Pendiri : Peter Thiel dan Max Levchin
Kantor Pusat : San Jose, Carlifornia, AS
Area layanan : Internasional
Industri : Perbankan
Jasa : Bank digital
Perantara pembayaran induk : eBay Inc.
Pemilik : eBay Inc.
Situs resmi : www.paypal.com

No comments:

Post a Comment